Hari Tani 2017

 In Events, Finished Events, Gallery

Peringatan Hari Tani merupakan salah satu program fungsional dari Direktorat Jenderal Kajian dan Aksi Strategis, Kementerian Luar Negeri, Lembaga Kepresidenan Mahasiswa Universitas Katolik Parahyangan. Program fungsional yang difokuskan untuk membantu para petani di Desa Cijambe, Subang dalam membasmi hama wereng ini dilaksanakan bertepatan dengan Hari Tani Nasional pada 29 September 2017. Dalam rangka acara tersebut, Lembaga Kepresidenan Mahasiswa Universitas Katolik Parahyangan (LKM Unpar) pun bekerjasama dengan Himpunan Mahasiswa Proteksi Tanaman (HIMASITA) yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Institut Pertanian Bogor (BEM-KM IPB).

Rangkaian acara ini dimulai dengan pemaparan dari perwakilan BEM-KM IPB mengenai penyakit-penyakit pada benih padi. Dalam pemaparan tersebut juga diperkenalkan Refugia atau tanaman dengan warna mencolok yang berguna untuk mengundang para pemangsa (predator) hama, seperti kumbang, lebah, dan laba-laba. Kemudian acara dilanjutkan dengan penanaman 70 tanaman Refugia di lahan sawah milik petani sekitar.  Di akhir acara, LKM Unpar pun melakukan menyerahkan penyemprot hama berkapasitas 5 liter, benih padi, dan 225 biji kenikir untuk para petani di desa tersebut sebagai bantuan agar para petani dapat menghadapi permasalahan hama yang terjadi.

Program Fungsional Peringatan Hari Tani memiliki tujuan untuk mengapresiasi kaum petani sebagai salah satu penyokong kebutuhan pangan di Indonesia. Selain itu, program fungsional ini pun diharapkan dapat meningkatkan kemandirian petani di Indonesia dalam menghadapi era globalisasi perekonomian di Indonesia.

Foto – Foto Hari Tani

Recent Posts

Leave a Comment