Inisiasi dan Adaptasi (SIAP) Gabungan 2018

 In Events, Finished Events, news

 

Senin, 6 Agustus 2018 merupakan hari bersejarah bagi Civitas Akademika Universitas Katolik Parahyangan. Penyambutan Mahasiswa Baru 2018, merupakan tonggak dalam pembentukan karakter Mahasiswa Baru 2018, sebagai mahasiswa yang beramalkan pada Sesanti Bakuning Hyang Mrih Guna Santyaya Bhakti dan Nilai – Nilai Dasar UNPAR (SINDU). Inisiasi dan Adaptasi Gabungan 2018 (SIAP Gabungan 2018) pun mengusung nilai – nilai nasionalisme dan persatuan, disamping penanaman nilai – nilai dan pendidikan yang berorientasi pada sesanti yang dirumuskan pada tahun 1960 tersebut, dengan harapan tercapainya tujuan dalam lingkup lebih luas dari pengamalan sesanti tersebut, yakni mampu memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi Indonesia yang merupakan pilar – pilar utama / dasar orientasi dan pola piker Mahasiswa Indonesia sebagai bagian dari kaum intelektual dan agen perubahan bangsa.

Pada SIAP Gabungan 2018 hari pertama tersebut, tidak ada ubahnya dengan pelaksanaan SIAP Gabungan pada tahun – tahun sebelumnya, acara tetap diawali dengan upacara dan kata sambutan dari Bapak Mangadar Situmorang, selaku Rektor UNPAR. Tetapi bagian pembeda terletak pada konsep acara penyambutan Mahasiswa Baru 2018, yang merupakan gagasan dari pihak Lembaga Pengembangan Humaniora (LPH). Acara penyambutan tersebut atau biasa dikenal dengan sebutan happening art dikemas dalam bentuk flash mob dan musikalisasi drama yang dibuat sedemikian rupa dengan pensuasanaan yang lebih menggembirakan, bertujuan untuk menghapus stigma negative kegiatan Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (OSPEK) yang mengandung unsur kekerasan dan perploncoan yang nihil akan nilai. Kegiatan pada hari pertama ini lalu berlanjut pada sesi pemaparan materi mengenai seluk beluk Kampus UNPAR dan sosialisasi nilai – nilai sesanti dan SINDU yang dibawakan oleh dosen fasilitator dan co-fasilitator dari pihak mahasiswa.

Kamis, 9 Agustus 2018, dimulai kembali SIAP Gabungan kedua, yang juga merupakan hari terakhir dari seluruh rangkaian kegiatan SIAP 2018. Kegiatan pada hari tersebut, berorientasi pada penanaman nilai – nilai dan tema kegiatan yang diusung oleh SIAP Gabungan 2018 dan pengenalan lingkungan fisik kampus, juga seuruh organisasi eksekutif dan legislative (LKM dan MPM) dan organisasi minat bakat (UKM dan Komunitas) kemahasiswaan. Yang menarik dari hari kedua SIAP Gabungan ini, sesi penanaman nilai mempunyai konsep pemaparan yang  berbeda dari hari pertama. Pemaparan dilakukan secara lisan melalui orasi dari mentor besar, dengan tujuan materi yang disampaikan diketahui dengan seksama sehingga pesan yang terkandung didalamnya diketahui pula dan meningkatkan wibawa dan kesakralan esensialitas kemahasiswaan itu sendiri dimata Mahasiswa Baru 2018. Acara ini ditutup oleh orasi dari Presiden Mahasiswa dan Wakil Presden Mahasiswa Lembaga Kepresidenan Mahasiswa 2018/2019 serta kata penutup dari Pihak Rektor.

Recent Posts

Leave a Comment