Pandangan Mahasiswa 1

 In news

Pandangan Mahasiswa 1

Demi memberikan pengalaman kuliah yang seru dan menyenangkan bagi seluruh mahasiswa UNPAR, Direktorat Jenderal Penelitian dan Pembangunan LKM AKSI menyebarkan survey yang disebut “PANDAWA”, atau Pandangan Mahasiswa. PANDAWA pertama ini meliputi apa yang diingingkan mahasiswa untuk tahun ajaran ini dan yang selanjutnya akan melihat ke tingkat kepuasan.

Survey ini dibagi menjadi dua: Mahasiswa Baru, dengan 2215 responden dan tingkat kepercayaan 95% (persentase diambil dari jumlah pengisi survey dan tanggapan mayoritas mahasiswa); dan Mahasiswa Lama, dengan 370 responden dan tingkat kepercaya 95%. LKM AKSI mengharapkan lebih banyak responden lain kali untuk meningkatkan tingkat kepercayaan.

Survey Mahasiswa Baru pertama menanyakan acara seperti apa yang diinginkan selama perjalanan mereka di UNPAR. Dirjen Penelitian dan Pengembangan LKM AKSI mengantongi lima jawaban paling populer, yaitu: pentas seni, live music, makrab, food bazaar, dan seminar. Sementara untuk acara yang memang sudah di-cover program kerja LKM, yang paling diinginkan adalah makan-makan di UNPAR (95% dari 2215 responden), diikuti dengan penghargaan mahasiswa berprestasi UNPAR (89%), kompetisi olahraga (82,6%), pengabdian masyarakat di desa (76,4%), dan pelatihan kepemimpinan (75,4%).

Kategori selanjutnya di PANDAWA Mahasiswa Baru adalah mengenaiminat mengikuti organisasi kampus. Dari seluruh pengikut survey, mayoritas (83,1%) ingin ikut Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS). Peminat MPM dan LKM jauh lebih rendah angkanya dibanding HMPS (29,9% dan 26,4%). Untuk, UKM, dari 26 pilihan yang ada di UNPAR, survey menunjukkan ketertarikan paling tinggi pada Airsoft Gun, Paduan Suara Mahasiswa (PSM), dan Bulutangkis.

Sebagai pertanyaan penutup, Direktorat Jenderal Penelitian dan Pembangunan LKM AKSI menguak apa sebenarnya tujuan angkatan 2018 ini masuk ke UNPAR. Jawaban paling banyak adalah pada akademik serta memperluas relasi. Tentunya dengan ribuan mahasiswa baru dan lebih banyak lagi mahasiswa lama UNPAR, memperluas relasi akan menjadi obyektif diluar akademik yang sangat mudah dicapai.

Bagaimana dengan Mahasiswa Lama? Menurut PANDAWA Mahasiswa Lama program kerja LKM yang paling mereka minati adalah acara musik dan makan gratis (84,4%), pengahargaan mahasiswa berpresasi UNPAR (75,2%), dan pengabdian masyarakat (68%). Untuk kepanitiaan, mereka paling tertarik untuk menjadi panitia acara music (57,3%), pentas seni dan bakti sosial (46,7%) dan workshop (43%).

PANDAWA Mahasiswa Lama juga menanyakan ‘Apakah Mahasiswa UNPAR mengetahui visi dan misi LKM Aksi?’ Dalam hal ini, yang menjawab tidak tahu masih lebih banyak (62,5%) dibandingkan yang menjawab tahu (37,5%). Maka, diharapkan bahwa dalam setahun kedepan ini, kinerja kami anggota LKM AKSI dapat cukup memuaskan untuk membuat seluruh mahasiswa tahu dan merasakan visi dan misi tersebut. Apalagi LKM dianggap cukup penting oleh mahasiswa, dengan penilaian 4 dari skala 1-5 saat ditanyakan pentingnya LKM  bagi mereka.

Untuk dapat memberikan kinerja yang memuaskan tadi, tentunya perlu dimengerti LKM seperti apa yang diinginkan mahasiswa. Maka itulah yang ditanyakan selanjutnya dalam survey ini. Jawaban yang paling banyak diberikan
adalah: LKM yang efektif dengan program yang berguna bagi seluruh kalangan UNPAR; partisipatif dan terjun ke lapangan; menjadi ‘dapur’ bagi pemimpin; yang tidak terpaku pada tradisi; dan yang memiliki birokrasi yang mudah
dipahami.

Kategori selanjutnya meliputi apa saja masalah kemahasiswaan di UNPAR. Dapat dilihat bahwa tiga masalah terbesar adalah bahwa mahasiswa kurang partisipatif dan inovatif (64% menjawab demikian), cost and benefit tidak balance (49,6%) dan masalah-masalah birokrasi (38%). Sedangkan yang menghambat perbaikan kemahasiswaan di UNPAR ini adalah bahwa mahasiswa lebih peduli dengan HMPS masing-masing dibanding UNPAR secara keseluruhan (kurang sense of belonging); kurang proaktif dalam memanfaatkan fasilitas; banyak protes tapi tidak merealisasikan dalam aksi nyata.

Lalu bagaimana cara menyeleasaikan masalah-masalah tersebut? LKM AKSI menjawab dalam kemasan video, yang dapat di akses di Instagram Pandawa Unpar @pandawaunpar. Diharapkan bahwa terjun langsungnya Presiden, Wakil Presiden, beserta para Menteri dan Direktur Jenderal akan memberikan keyakinan lebih bagi para mahasiswa bahwa kabinet ini akan memberikan yang terbaik.

Selebihnya, dalam kesempatan ini, LKM AKSI juga ingin mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya pada Forum Mata Mahasiswa UNPAR (MM UNPAR) atas feedback mereka. Semoga kinerja kami setahun kedepan akan menjadi respons yang cukup untuk kritik dan saran kalian.

Sedangkan untuk seluruh mahasiswa yang telah mengisi PANDAWA, terima kasih banyak atas partisipasi kalian. Sampai jumpa di PANDAWA selanjutnya di bulan September. Salam Mahasiswa!

Recent Posts

Leave a Comment