Pandangan Mahasiswa 2

 In news, Uncategorized

Pandangan Mahasiswa 2

 

Tentunya salah satu sarana mendapat pengalaman kuliah yang menyenangkan adalah dengan mengenal banyak orang, baik dari dalam atau luar jurusan. Maka, sudahkah mahasiswa Unpar mengenal satu sama lain? Dalam PANDAWA kali ini, Direktoran Jenderal Penelitian dan Pengembangan mencari jawaban atas pertanyaan tersebut. PANDAWA 2 ini diisi oleh 133 responden dan memiliki tingkat kepercayaan 95%. PANDAWA 2 ini paling banyak diisi oleh jurusan Teknik Industri (32.3%), dan Hubungan Internasional (23.3%).

Sebagai pembukaan, survey dimulai dengan menguak berapa banyak kira-kira teman yang dimiliki para mahasiswa diluar jurusan mereka. Jawaban menunjukkan eratnya tali persahabatan Civitas Akademika Unpar karena 40% menjawab 40 atau lebih. Selanjutnya, diikuti dengan 24% yang menjawab 11-20, 17% yang menjawab 21-30, 10% menjawab 31-40, dan hanya 8% yang menjawab 0-10 orang. Kemudian ditanyakan apakah mahasiswa merasa bahwa jumlah teman yang mereka miliki tersebut dirasa cukup. 69.2% menjawab Ya.

Untuk membuktikan kedekatan tersebut, LKM AKSI merancang quiz guna mencari seberapa mereka mengenal satu sama lain. Quiz ini seputar ciri khas tiap jurusan. Yang pertama ditanyakan adalah, “Jurusan apa yang kehadirannya harus 100%?” 91.7% menjawab Teknik Sipil dan Arsitektur, yaitu merupakan jawaban yang benar. Selanjutnya, dikemukakan ciri khas Hubungan Internasional, yaitu memanggil dosen dengan panggilan “Mas/Mba”. 72,2% dari responden memilih jawaban yang benar.

Quiz ini kemudian diikuti dengan menanyakan karakteristk Teknik Kimia, yaitu membuat laporan yang harus ditulis tangan tiap minggunya. Tanpa disangka, 80,5% pengisi sekali lagi memilih jawaban yang benar.  Lalu, untuk memastikan pengetahuan mengenai jurusan lain ini, pertanyaan quiz diubah menjadi “Yang manakah ciri khas anak Arsitektur?” dibanding menggunakan ciri khasnya sendiri di pertanyaan. Uniknya, sebagian besar tetap memilih jawaban yang benar, yaitu bahwa UTS dan UAS mereka lebih santai.

Maka sepertinya cukup jelas bahwa persahabatan di Unpar cukup dekat dan luas lintas jurusan. Lantas, darimanakah mereka mengenal satu sama lain? Mungkin salah satu jawaban yang cocok adalah melalui acara diluar jurusan. Faktanya, 55% dari mahasiswa mengatakan bahwa mereka “Lumayan sering” mengikuti acara-acara tersebut, dan 22% mengaku suka dan sering. Hanya 11% mengatakan bahwa mereka tidak pernah mengikuti atau hanya mengikuti acara jurusan.

Lalu dimana mereka biasa berkumpul setelah atau sebelum menjalankan kelas di kampus? Tempat favorit para mahasiswa adalah WarBam (Warung Bamboe) seberang Unpar, yang dipilih 33.6% dari responden; diikuti dengan OBC yang bertempatan di belakang Unpar serta WaRem (Warung Remaja) di dekat WarBam, yang dipilih 32.8%, lalu food court Yogya yang dipilih 19,8%.

Dengan itu, dapat disimpulkan bahwa sebagian besar mahasiswa Unpar sudah saling kenal, baik satu jurusan ataupun tidak. Semoga setelah ini, 30,8% mahasiswa yang menganggap masih kurang bergaul keluar jurusan dapat lebih bergaul lagi. Menurut salah satu pengisi survey: “Kehidupan kampusmu tidak akan berwarna jika kamu asyik dengan duniamu sendiri” Setujukah kamu? Pastinya kehidupan perkuliahan akan lebih berwarna apabila kita berteman sebanyak mungkin, kan?

 

Recent Posts

Leave a Comment