Peringatan Sumpah Pemuda 2016: Pijak tanah airku, raga dalam bangsaku, suara bukti bahasaku!

 In news

IMG_1491

Peringatan Sumpah Pemuda (Persada) merupakan acara tahunan Kementerian Luar Negeri Lembaga Kepresidenan Mahasiswa Universitas Katolik Parahyangan. Persada tahun ini mengusung tema “Muda Bestari” yang berarti pemuda memiliki pengetahuan luas serta bijaksana dalam mengamalkan nilai sumpah pemuda. Tujuan acara ini adalah menyambut dan memperingati hari sumpah pemuda, menumbuhkan kembali semangat sumpah pemuda di lingkungan kampus, memotivasi dan menginspirasi mahasiswa UNPAR untuk mewujudkan nilai-nilai sumpah pemuda dalam kegiatan-kegiatan positif.

Rangkaian acara diawali dengan parade di kampus UNPAR pada tanggal 27 Oktober 2016. Beberapa mahasiswa yang mengikuti parade mengenakan kaos dan membagikan stiker kampanye bertuliskan “pijak tanah airku”, “raga dalam bangsaku”, dan “suara bukti bahasaku”. Ada pula orasi yang menyampaikan realita pemuda saat ini dan menyemangati mahasiswa dengan mengulas kembali peristiwa dan pesan sumpah pemuda. Parade dan kampanye ini dimaksudkan untuk menarik awareness mahasiswa UNPAR akan adanya hari sumpah pemuda, menyampaikan nilai-nilai sumpah, sekaligus mengajak mahasiswa UNPAR untuk berpartisipasi pada rangkaian acara Persada.

Rangkaian acara Persada selanjutnya adalah talkshow yang diadakan tepat pada hari sumpah pemuda, 28 Oktober 2016. Acara ini dihadiri oleh pemuda-pemuda inspiratif sebagai pembicara diantaranya Atalia Kamil, Maruarar Sirait sebagai Ketua Umum Taruna Merah Putih, Nila Tanzil sebagai pendiri Taman Bacaan Pelangi, Rezha Bayu sebagai Program Specialist Do Something Indonesia, dan Priston Sagala sebagai praktisi sosial. Di penghujung acara Presiden Mahasiswa UNPAR, Anisa Ira Fadhila, memimpin pembacaan teks sumpah pemuda.

Sebagai puncak acara, Persada mempersembahkan pertunjukkan mural (lukis tembok) dengan tema kepemudaan di Bawah Jalan Layang Pasupati, Dago, yang dibuat oleh tim Arsitek UNPAR di bawah koordinasi Gita Sulistiyo. Selain untuk menyampaikan nilai sumpah pemuda kepada masyarakat dan mempercantik Kota Bandung, adanya mural sekaligus sebagai bukti pengabadian acara Persada 2016. Selain mural, acara ini juga diramaikan dengan open mic dan atraksi komunitas-komunitas Bandung seperti Cressendo, Bandung Street Dance Community, Bike to Campus, IGers Siciety Bandung, dan Pensil Kertas.

Kami merasa hari sumpah pemuda bukan hanya milik segelintir mahasiswa, tetapi milik seluruh pemuda Indonesia. Itulah mengapa peringatan sumpah pemuda ini tidak hanya dirayakan di dalam lingkungan kampus UNPAR, tetapi juga dilakukan di luar kampus UNPAR. Harapan kami, seluruh rangkaian acara Persada mulai dari parade, talkshow, hingga mural, bisa menjadi trigger dan sumber inspirasi bagi pemuda untuk terus berkarya bagi bangsa Indonesia.

Link Gallery

Recent Posts

Leave a Comment